Kamis, 26 April 2018

Psikologi dan Ilmuwan Psikologi

Apa itu Psikologi dan Ilmuwan Psikologi dan Perbedaannya







       PSIKOLOGI merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku dan proses mental yang melatar-belakangi, serta penerapan dalam kehidupan manusia. Ahli dalam ilmu Psikologi dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu profesi atau yang berkaitan dengan praktik psikologi dan ilmu psikologi termasuk dalam hal ini ilmu murni atau terapan.

      PSIKOLOG adalah lulusan pendidikan profesi yang berkaitan dengan praktik psikologi dengan latar belakang pendidikan Sarjana Psikologi lulusan program pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) sistem kurikukum lama atau yang mengikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) dan lulus dari pendidikan profesi psikologi atau strata 2 (S2) Pendidikan Magister Psikologi (Profesi Psikolog). Psikolog memiliki kewenangan untuk memberikan layanan psikologi yang meliputi bidang-bidang praktik klinis dan konseling; penelitian; pengajaran; supervisi dalam pelatihan, layanan masyarakat, pengembangan kebijakan; intervensi sosial dan klinis; pengembangan instrumen asesmen psikologi; penyelenggaraan asesmen; konseling; konsultasi organisasi; aktifitas-aktifitas dalam bidang forensik; perancangan dan evaluasi program; serta administrasi. Psikolog diwajibkan memiliki izin praktek psikologi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    ILMUWAN PSIKOLOGI adalah ahli dalam bidang ilmu psikologi dengan latar belakang pendidikan strata 1 dan/atau strata 2 dan/atau strata 3 dalam bidang psikologi. Ilmuwan psikologi memiliki kewenangan untuk memberikan layanan psikologi yang meliputi bidang-bidang penelitian; pengajaran; supervisi dalam pelatihan; layanan masyarakat; pengembangan kebijakan; intervensi sosial; pengembangan instrumen asesmen psikologi; pengadministrasian asesmen; konseling sederhana;konsultasi organisasi; perancangan dan evaluasi program. Ilmuwan Psikologi dibedakan dalam kelompok ilmu murni (sains) dan terapan.

   Simpulannya, psikologi profesi itu suatu program lanjutan seorang sarjana psikologi untuk menjadi seorang psikolog yang nantinya berhak memiliki gelar M. Psi (Magister Psikologi) Psikolog. Sedangkan ilmu psikologi merupakan program lanjutan baik untuk sarjana psikologi maupun non-psikologi untuk mempelajari kaidah-kaidah keilmuan psikologi yang berhak menyandang gelar M. Si (Magister Sains) atau dibeberapa universitas di Indonesia seperti UGM memakai gelar M. A (Master of Arts) .

     Jadi perbedaan paling mendasar antara keduanya yaitu lulusan profesi berhak menjadi Psikolog dan mendapatkan Surat Izin Praktik Psikologi dari HIMPSI, sedangkan Psikologi Sains tidak diperuntukkan untuk itu. Dalam hal materi belajar dan prospeknya tentu berbeda namun menurut saya, tidak ada hirarki atau mana yang bagusan antara profesi dan sains, keduanya sama-sama bagus tergantung tujuan kita kedepannya ingin menjadi apa. 

0 komentar:

Posting Komentar