Kamis, 26 April 2018

Psikologi Anak

Psikologi Anak


Hasil gambar untuk psikologi anak


Pengertian Psikologi Anak

     Sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang tumbuh kembang dan perilaku siapapun yang berusia di bawah 18 tahun. Dalam prakteknya, para psikolog yang mendalami tentang psikologi anak melakukan spesialisasi berdasarkan hal yang dipelajari. Secara umum psikolog anak sendiri terbagi menjadi psikolog pendidikan yang berfokus dalam hal memberikan dukungan kepada anak dalam dunia pendidikan, dan psikolog klinis yang berfokus dalam memberikan dukungan kepada anak-anak yang memiliki hambatan atau gangguan dalam proses perkembangan mereka.
     Psikologi anak sendiri merupakan bagian dari cabang ilmu psikologi lainnya, yaitu psikologi perkembangan yang mempelajari pertumbuhan manusia semenjak lahir sampai menjadi dewasa. Psikologi perkembangan sendiri mempelajari bagaimana dan mengapa manusia berubah dalam setiap tahapan hidupnya.

Teori Tumbuh Kembang 

    1. AnakTeori Sosial Budaya
          Montgomery (2008), budaya mempengaruhi bagaimana cara anak-anak berkembang, dari antara banyak kebudayaan yang ada di dunia ini, anak-anak di dalamnya berkembang dengan cara yang saling berbeda satu dengan lainnya. Berikutnya, Bowlby (1980) mengungkapkan bahwa anak yang kurang memiliki kontak dengan ibunya akan mengalami kesulitan dalam masa anak-anak mereka karena kurangnya keterikatan. Tumbuh kembang sendiri tentunya melibatkan sebuah proses belajar dan kemajuan. Seorang anak hanya dapat belajar bila ada yang lainnya yang mendukung proses belajarnya, seperti orang tua, saudara-saudara dan guru.
    2. Pembentukan Kepribadian Anak Sendiri
       Anak - anak biasanya akan mencoba untuk menirukan perilaku dari orang dewasa untuk memberikan mereka petunjuk mengenai apa yang mereka inginkan, seperti seorang bayi akan menutup matanya dengan tangan sebagai petunjuk bahwa ia ingin bermain ciluk ba.Tentunya sesitivitas bayi terhadap petunjuk komunikatif sangat tidak kentara dan peran mereka dalam interaksi social sangat besar. Aspek yang spesifik terhadap sang anak seperti perangai mereka juga dapat mempengaruhi bagaimana interaksi mereka dengan orang dewasa dan anak-anak lainnya.
      Pada saat anak telah mulai berbicara, mereka umumnya menggunakan pembicaraan untuk mendapatkan tanggapan dari orang dewasa atau mengajukan berbagai pertanyaan. Pada saat anak-anak mulai terlibat dalam permainan dengan menggunakan imajinasi mereka, yaitu mulai dari usia sekitar 2 tahun, sering kali mereka mengambil peran baru yang membantu mereka untuk memahami berbagai macam aspek yang ada dalam duni mereka atau hal-hal yang mereka takuti (Howes & Matheson, 1992). 

   Penerapan Psikologi Anak bukanlah hanya sebatas mengembangkan teori atau pendekatan untuk menjelaskan mengenai tumbuh kembang anak. Psikologi anak merupakan suatu hal yang dipergunakan dalam dunia nyata, Penerapan psikologi anak difokuskan pada penggunaannya untuk membantu anak-anak dan mendukung mereka dalam kehidupan. Psikolog anak sering kali berpraktek di sekolah atau rumah sakit untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak. 

0 komentar:

Posting Komentar